Untuk dapat mengelola waktu dengan tepat, maka diperlukan pemahaman tentang prinsip-prinsip dasar manajemen waktu agar lebih berhasil dan berdaya guna. Berikut prinsip dasar manajemen waktu yang penting diperhatikan.
a. Sediakan waktu untuk perencanaan dan menetapkan prioritas.
b. Selesaikan tugas berprioritas tinggi sesegera mungkin dan tuntaskan tugas sebelum mulai tugas yang lain.
c. Prioritaskan kembali tugas yang tersisa berdasarkan informasi baru yang terkait.
Tiga kategori prioritas waktu, sebagai berikut:
a. Jangan dikerjakan. Prioritas waktu jangan dikerjakan mempunyai karakteristik berikut:
1. Masalah dapat hilang tanpa diatasi.
2. Sudah kadaluwarsa.
3. Dapat dikerjakan oleh orang lain.
b. Kerjakan nanti. Prioritas waktu dikerjakan nanti mempunyai karakteristik berikut:
1. Tidak disertai jatuh tempo.
2. Dapat ditunda.
3. Dapat diperlambat.
Alasan penundaan tugas sebagai berikut:
1. Tidak ingin memulai.
2. Tidak tahu dari mana memulai.
3. Tidak tahu dari mana memulai meskipun ingin memulai.
c. Kerjakan sekarang. Prioritas waktu kerjakan sekarang merupakan kebutuhan unit operasional harian misalnya kebutuhan yang berhubungan dengan hal-hal sebagai berikut.
1. Kebutuhan peralatan.
2. Kebutuhan staf.
3. Rapat.
Senin, 22 Oktober 2018
PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN WAKTU
By Unknown at 21.27
No comments
Related Posts:
ASPEK-ASPEK MANAJEMEN WAKTU Menurut Atkinson dkk. (1990), aspek-aspek dalam manajemen waktu mencakup adanya usaha-usaha berikut ini: a. Menetapkan Tujuan Bagian utama dari pengelolaan waktu adalah menetapkan tujuan dari hal-hal yang ing… Read More
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MANAJEMEN WAKTU Manajemen waktu tiap individu berbeda dengan individu lainnya, dikarenakan adanya faktor-faktor yang dapat mempengaruhi manajemen waktunya. Faktor-faktor yang memengaruhi manajemen waktu sebagai berikut. a. Usia &nb… Read More
PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN WAKTUUntuk dapat mengelola waktu dengan tepat, maka diperlukan pemahaman tentang prinsip-prinsip dasar manajemen waktu agar lebih berhasil dan berdaya guna. Berikut prinsip dasar manajemen waktu yang penting diperhatikan. a. Sedia… Read More
PENGERTIAN & FUNGSI MANAJEMEN WAKTU 1. PENGERTIAN MANAJEMEN WAKTU Menurut para ahli: - Menurut Forsyth (2009) Manajemen waktu adalah cara bagaimana membuat waktu menjadi terkendali se… Read More
EFEK-EFEK MANAJEMEN WAKTU Orr dan Tracy (1997) mengatakan bahwa efek-efek dari manajemen waktu berbagi menjadi 10 macam sebagai berikut: a. Meningkatkan keteraturan hidup, percaya diri, dan displin. b. Meningkatkan kualitas kehidupan di luar jam ke… Read More
0 komentar:
Posting Komentar