Untuk dapat mengelola waktu dengan tepat, maka diperlukan pemahaman tentang prinsip-prinsip dasar manajemen waktu agar lebih berhasil dan berdaya guna. Berikut prinsip dasar manajemen waktu yang penting diperhatikan.
a. Sediakan waktu untuk perencanaan dan menetapkan prioritas.
b. Selesaikan tugas berprioritas tinggi sesegera mungkin dan tuntaskan tugas sebelum mulai tugas yang lain.
c. Prioritaskan kembali tugas yang tersisa berdasarkan informasi baru yang terkait.
Tiga kategori prioritas waktu, sebagai berikut:
a. Jangan dikerjakan. Prioritas waktu jangan dikerjakan mempunyai karakteristik berikut:
1. Masalah dapat hilang tanpa diatasi.
2. Sudah kadaluwarsa.
3. Dapat dikerjakan oleh orang lain.
b. Kerjakan nanti. Prioritas waktu dikerjakan nanti mempunyai karakteristik berikut:
1. Tidak disertai jatuh tempo.
2. Dapat ditunda.
3. Dapat diperlambat.
Alasan penundaan tugas sebagai berikut:
1. Tidak ingin memulai.
2. Tidak tahu dari mana memulai.
3. Tidak tahu dari mana memulai meskipun ingin memulai.
c. Kerjakan sekarang. Prioritas waktu kerjakan sekarang merupakan kebutuhan unit operasional harian misalnya kebutuhan yang berhubungan dengan hal-hal sebagai berikut.
1. Kebutuhan peralatan.
2. Kebutuhan staf.
3. Rapat.
0 komentar:
Posting Komentar